Selasa, 29 Mei 2012

Kampung Tukang Lukis dan Kerajinan Wayang

Kelurahan Jelekong merupakan salah satu dewa wisata yang memiliki rumah adat dan seni lukis yang akan memukau Anda. Tempat ini terkenal sebagai gudangnya pedalang wayang golek, tukang lukis, dan makanan tradisional Sunda.

Khusus seni budaya pedalangan, dari tempat ini telah menelurkan dalang-dalang handal keturunan Abah Sunarya, salah satunya yang ternama adalah Asep Sunandar Sunarya. Apabila Anda ingin menyaksikan para dalang beraksi maka dapat berkunjung ke Kampung Giriharja RW 1 di Kelurahan Jelekong. Lokasinya tidak jauh dari kantor kelurahan, yakni sekitar 500 meter dari kantor kelurahan.

Seakan mirip Ubud Bali yang menjadi gudang seniman handal maka seniman Giriharja Jelekong terkenal sebagai seniman wayang golek, seni lukis, serta sejumlah kesenian lainnya seperti sisingaan, jaipongan, pencak silat, dan lainnya. Desa wisata Jelekong pastinya terkenal sebagai tempat pelukis handal di Bandung.

Memasuki jalan utama Jelekong di Kampung Giriharja RT 1 RW 1 pandangan mata Anda akan langsung tertuju pada ratusan kanvas yang dijemur di kanan kiri jalan. Ada sekitar 20 galeri di sepanjang jalan desa. Perpaduan warna yang lembut hingga mencolok seirama bau cat basah sebagai tempat sempurna bagi penikmat seni lukis. Di Jelekong, sekitar 600 pelukis menjajakan seni yang akan memudahkan penikmat seni untuk mencari dan mendapatkan lukisan yang diinginkan hanya dengan pergi ke satu daerah saja.

Warga Desa Jelekong Baleendah ini memiliki keahlian membuat lukisan panorama pedesaan, pacuan kuda, buah-buahan, kereta kencana, ikan koi, atau adu ayam. Hampir separuh warga Jelekong menghidupi keluarganya dari memasarkan lukisannya ke Semarang, Bogor, Bandung, Bali, Malaysia, Arab Saudi, bahkan beberapa galeri dan tempat penjualan lukisan di Kota Bandung pun dipenuhi oleh hasil kreasi pelukis Jelekong dengan harga jual lebih tinggi.

Keahlian penduduk Desa Jelekong dalam melukis diwariskan secara turun temurun oleh seorang Seniman Jelekong Bapak Odin Rohidin sampai saat ini dilakukan secara terus menerus sebagai salah satu sendi kehidupan masyarakat Desa Jelekong. Setidaknya 200 kepala keluarga di Desa Jelekong berhasil menaikkan taraf hidup dengan keahlian mereka. Meski diproduksi massal, lukisan karya pelukis Jelekong tetap menarik wisatawan. Harganya murah, berbeda dengan lukisan perupa terkenal yang mencapai jutaan. Demi menyambung hidup, cita rasa seni rupa berhasil dikolaborasikan dengan industri yang mengikuti selera pasar.

Untuk satu lukisan pemandangan di atas kanvas berukuran 135 cm x 40 cm harganya Rp150.000,00 hingga ada yang mencapai puluhan juta rupiah, bergantung dari besar lukisan, cat yang digunakan, hingga tingkat kesulitan. Di Bandung Anda dapat membeli karya warga Jelekong ini di pusat Kota Bandung, tepatnya di kawasan Braga. Di jalan sepanjang 700 meter itu, berjajar pedagang lukisan kaki lima hingga galeri lukisan ternama, seperti galeri seni jalanan.

Di Desa Wisata Jelekong Anda juga dapat menemukan situs alam seperti Goa Landak, Curug Cangkring, dan Curug Batukarut.

0 komentar:

Posting Komentar