Selasa, 29 Mei 2012

Penangkaran Rusa Totol

Rusa Totol tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia terutama yang pernah berkunjung ke Istana Bogor, apalagi bagi penduduk kota Bogor karena telah ditetapkan menjadi fauna identitas Kota tersebut sejak tahun 1995.

Untuk masyarakat Bandung dan sekitarnya tidak perlu ke Bogor untuk melihat Rusa Totol, karena hanya sekitar 6 km ke selatan dari pintu tol Buahbatu atau pintu tol Mohamad Toha terdapat penangkaran rusa totol yang juga sebagai kawasan Wisata Alam Edukasi dan Outbound dengan nama Kampung Batu Malakasari. Kawasan wisata ini tepatnya berada di Baleendah Kabupaten Bandung.

Di penangkaran Rusa Kampung Batu Malakasari terdapat 30 ekor Rusa Totol yang sudah jinak, sehingga pengunjung bisa memberi makan rusa dengan ubi, juga bisa berfoto.  Rusa totol mempunyai nama latin Axis axis bukanlah fauna asli Indonesia melainkan berasal dari India dan Sri Lanka dalam bahasa Inggris disebut sebagai Chital, Axis Deer, Indian Spotted Deer, satu genus dengan Rusa Bawean (Axis kuhli) yang asli Indonesia.

Ciri rusa totol (Axis axis) yang membedakan dengan jenis rusa lainnya adalah terdapatnya totol-totol putih pada rambut tubuh (bulu) yang berwarna coklat, mempunyai tinggi tubuh sekitar 90-100 cm. Rusa totol dewasa mempunyai berat antara 50-70 kg untuk jantan dan 40-50 kg untuk betina. Rusa jantan memiliki tanduk yang bercabang hingga mencapai 75 cm tingginya.

Binatang yang lucu dan cantik ini didatangkan oleh Thomas Stanford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris pada tahun 1814 untuk menempati halaman Istana Bogor. Di Kampung Batu Malakasari saat ini terdapat 22 ekor rusa totol, juga terdapa fauna lain seperti Marmut dan Kelinci yang lucu-lucu, Kambing Ettawa, Sapi Perah, juga Merak.

Disamping itu pengunjung bisa bermain Panjat dinding dan Flying Fox, naik Rumah Pohon, naik
Perahu, bahkan bisa mencoba membajak sawah khas sunda pakai kerbau (Ngawuluku) yang sangat menantang dan mengasyikkan.

Jika lapar jangan khawatir ! karena di kawasan ini terdapat kompleks kuliner yang menyediakan berbagai makanan berat seperti nasi timbel, ayam goreng/bakar, ikan goreng/bakar, mie baso juga makanan ringan serta minuman dingin dan bermacam juice buah. Bahkan pada hari minggu, disini tersedia makanan langka yaitu Gulai TUTUT !(Keong Sawah)

0 komentar:

Posting Komentar